Yuk Intip Berbagai Pagar Tanaman untuk Rumah Agar Terlihat Indah

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini tengah terjadi pemanasan global dan pencemaran udara yang mengganggu kesehatan. Oleh karena itu ada baiknya kita buat nuansa lingkungan sekitar kita menjadi lebih hijau dan alami.

Kita bisa memulainya dari lingkungan rumah sendiri, dengan cara membuat pagar hidup yang berasal dari tanaman. Dengan pagar tanaman tersebut, suhu dan kualitas udara di sekitar rumah bisa menjadi lebih baik.

Pagar Tanaman untuk Rumah

Nah bagi anda yang tertarik untuk mengganti pagar biasa dengan tanaman, berikut ini kami memiliki beberapa rekomendasi tanaman yang bisa anda jadikan pilihan. Ingin tahu kira-kira tanaman jenis apakah itu? Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

5 Rekomendasi Pagar Tanaman Untuk Rumah

Sebenarnya ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai pagar hidup rumah anda. Nah beberapa diantaranya akan kami ulas rekomendasi pagar tanaman untuk rumah terbaik. Mari disimak baik-baik berbagai informasinya.

1. Bambu Jepang: Pagar Tanaman yang Dapat Tumbuh Tinggi

Pagar-Bambu-Jepang

Tanaman pertama yang akan kami ulas yaitu bambu jepang atau yang dalam bahasa ilmiahnya adalah Pseudosasa japonica. Dapat diketahui dari namanya, tanaman yang satu ini berasal dari Jepang dan dibudidayakan di Indonesia sebagai tanaman hias pagar rumah.

Ciri-ciri tanaman yang satu ini yaitu memiliki batang yang lurus, runcing, berwarna hijau muda atau kuning kecokelatan dengan diameter 2 hingga 10 cm. Mengenai habitat, tanaman yang merumpun ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 7,1 m baik pada daerah yang teduh ataupun terkena panas matahari.

Nah karena bisa tumbuh dengan ketinggian tersebut, maka bambu ini sangat baik untuk dijadikan pagar, terutama bagi anda yang memerlukan privasi rumah lebih tertutup.

2. Bunga Asoka: Pagar Tanaman yang Berbunga Cantik

Pagar-Bunga-Asoka

Dalam memilih pagar tanaman, anda tak hanya harus mencari yang ukurannya tinggi. Namun pilih juga tanaman pagar yang bisa menambah nilai estetika rumah anda. Nah salah satu jenis tanaman yang bisa anda pilih yaitu bunga Asoka (Ixora paludosa).

Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 4 m dengan daun berbentuk lonjong serta meruncing pada bagian ujungnya. Bunganya tersusun secara bergerombol dan warnanya ada yang merah muda, orange, kuning, putih, dan merah cerah.

Tak hanya indah, pagar tanaman yang satu ini juga mudah dirawat. Bagi anda yang tinggal di tempat dengan ketinggian 0-400 m di atas permukaan laut, tanaman ini bisa menjadi pagar tanaman yang tumbuh dengan baik di lingkungan anda.

Bunga Asoka juga bisa anda manfaatkan sebagai obat untuk melancarkan menstruasi, menyembuhkan memar tubuh, mengatasi mencret, kram, dan lain sebagainya. Asoka juga dapat membuat lingkungan anda semakin indah dengan hadirnya kupu-kupu Papilio memnon yang biasa menghisap nektar pada bunga ini.

3. Scarlet Firethorn: Pagar Tanaman Berbuah

Pagar-Tanaman-Scarlet-Firethorn

Rekomendasi tanaman untuk pagar selanjutnya yaitu Scarlet Firethron atau Pyracantha coccinea. Tanaman ini memiliki cabang batang yang berduri sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pagar pelindung rumah anda.

Walaupun berduri, namun visual dari tumbuhan ini sangat cantik dan menarik. Hal tersebut berkat buah kecil berwarna orange-merah dan bunga berwarna putihnya yang ada pada tanaman ini. Soal ketinggian, tanaman ini mampu tumbuh hingga 5 meter.

4. Pakis Boston: Pagar Tanaman Pendek

Pagar-Tanaman-Pakis-Boston

Pakis Boston atau Nephrolepis/Boston Fern merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko. Tanaman ini tumbuh secara berumpun dengan bentuk yang unik sehingga cocok digunakan sebagai pagar.

Ciri-ciri lain dari tanaman ini yaitu ukurannya relatif pendek, rimpangnya tipis seperti akar, anak daun tersusun mirip dengan anak tombak dengan panjang 50 cm hingga 250 cm dan lebar 6 hingga 15 cm.

Mengenai manfaat, tanaman ini bisa membersihkan udara dari polutan dan bisa juga anda manfaatkan sebagai bahan makanan. Jangan salah loh, Pakis Boston merupakan sumber vitamin A yang sehat untuk tubuh. Selain itu pakis juga bisa meminimalisir datangnya hama.

5. English Ivy: Pagar Tanaman Merambat

Pagar-Tanaman-Merambat

Rekomendasi pagar tanaman terakhir yaitu English Ivy (Hedera helix). Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang tumbuh merambat. Tanaman ini terkenal tumbuh cepat dan bisa mengurangi gas berbahaya di udara.

Cara Memilih Pagar Tanaman yang Tepat

Cara Memilih Pagar Tanaman yang Tepat

Berbagai jenis tanaman memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Jenis pagar tanaman untuk setiap rumah juga bisa berbeda-beda. Hal ini ditentukan tergantung pada kebutuhan dan selera anda sebagai pemilik rumah.

Nah, untuk membantu anda mendapatkan jenis pagar tanaman yang tepat, berikut kami berikan beberapa tips menarik yang bisa anda pertimbangkan saat memilihnya.

1. Pilihlah jenis tanaman yang rimbun

Karena digunakan untuk membuat rumah menjadi lebih aman dari intervensi orang luar, maka anda harus memastikan bahwa jenis pagar tanaman yang anda pilih merupakan tanaman dengan daun yang rimbun.

Tak hanya untuk menjaga privasi rumah, tanaman yang rimbun juga penting untuk meminimalisir masuknya polusi kotor dari luar ke dalam rumah.

2. Pertimbangkan kemampuan pertumbuhan tanaman

Setiap tanaman memiliki kemampuan pertumbuhan tinggi maksimal yang berbeda satu sama lain. Nah dalam memilih pagar tanaman yang tepat, anda harus mempertimbangkan kemampuan pertumbuhan tingginya sesuai dengan tinggi pagar yang anda butuhkan, misalnya bila anda tinggal di area yang luas dan membutuhkan pagar pembatas yang tinggi, anda bisa memilih tanaman jenis bambu-bambuan.

3. Pilih tanaman yang mudah tumbuh

Untuk tanaman yang berfungsi sebagai pagar, anda harus memilih tanaman yang mudah tumbuh namun juga mudah ditata, dan perawatannya tidak sulit. Selain itu tanaman harus bisa bertahan dalam musim apa saja dan memiliki struktur yang kuat.

Baca juga: TIPE DAN DESAIN PAGAR LIPAT MINIMALIS TERBAIK

Sebagai fungsi tambahan, anda bisa memilih tanaman yang bisa dijadikan obat tertentu atau pun bisa dimakan. Hal yang perlu anda perhatikan sebelum menanam tanaman pilihan anda, pastikan kondisi lingkungan sekitar sesuai, cocok, dan bisa mendukung pertumbuhan tanaman tersebut dengan baik.

4. Sesuaikan jenis tanaman dengan kesan yang ingin dibangun pada rumah

Agar terlihat serasi dan harmonis, pilihlah jenis tanaman yang sesuai dengan konsep rumah anda, misalnya jika rumah anda memiliki gaya elegan, anda bisa memilih pagar tanaman yang ditumbuhi bunga dengan ukuran dan warna yang tidak terlalu mencolok.

Itulah informasi mengenai 5 rekomendasi jenis pagar tanaman berikut dengan tips cara memilihnya. Pagar tanaman sangat memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk memperbaiki kualitas udara dan suhu, namun juga untuk menambah keindahan lingkungan rumah.

Selain itu beberapa jenis tanaman juga bisa dimanfaatkan sebagai obat, dan sumber makanan. Nah semoga setelah membaca ulasan pagar tanaman untuk rumah, anda kini sudah dapat menentukan pilihan pagar tanaman mana yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

Leave a Reply