10 Manfaat Tanaman Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman kelor? Tanaman khas Indonesia ini sudah banyak dikenalkan bahkan dalam peribahasa sekalipun. Pernahkah Anda mendengar peribahasa “dunia ini tidak selebar daun kelor”? Peribahasa tersebut menunjukkan bahwa dunia itu sangatlah luas, tidak sesempit yang kita bayangkan selama ini.

Manfaat Tanaman Kelor

Keajaiban Tanaman Kelor

Tanaman kelor atau Moringa Oleifera merupakan tanaman endemik asia yang dapat tumbuh dengan sangat cepat. Selain itu juga memiliki usia yang panjang, berbunga sepanjang tahun dan dapat bertahan dalam suhu ekstrem.

Hingga saat ini banyak sekali penelitian yang meneliti tanaman kelor dari mulai daun, akar hingga batangnya. Dalam semua peneliti tersebut selalu dapat menemukan manfaat dari tiap bagian kelor. Itulah mengapa Kelor disebut sebagai tanaman ajaib. Salah satu manfaat daun ini adalah pada kesehatan dan kecantikan. Berikut informasi lengkapnya.

Manfaat Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat-Daun-Kelor

1. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian berhasil menemukan adanya antioksidan alami pada kelor, khususnya pada daunnya. Antioksidan ini dapat mencegah penyakit pada jantung. Hal ini sudah dibuktikan oleh peneliti yang menguji cobanya pada tikus. Hasil uji coba ini menunjukkan bahwa daun kelor mampu mencegah munculnya bibit-bibit penyakit pada jantung.

2. Mengatasi penyakit kulit

Pada daun kelor pun terdapat antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri dengan cepat. Antiseptik ini dapat berfungsi saat Anda mengalami alergi/gatal/ruam/penyakit lainnya pada kulit, dengan cara membunuh bakteri yang menyebabkannya.

Untuk mengaplikasikannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menumbuk daun kelor kemudian olesi di atas kulit yang sakit. Antiseptik pada daun kelor ini dianggap setara dengan antiseptik yang ada di apotik.

3. Mencegah kanker

Beberapa penelitian lain membuktikan bahwa tanaman kelor mampu membunuh sel-sel yang sudah mati. Selain itu juga dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

4. Menjaga kesehatan mata

Anda mungkin sering merasakan mata terasa perih atau gatal karena banyaknya kotoran yang menyentuh mata. Tanaman kelor dianggap ampuh dalam menjaga dan memulihkan kesehatan mata. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk secukupnya daun kelor kemudian campurkan dengan air. Gunakan air ini untuk membasuh mata Anda setiap hari, agar mata tetap dalam kondisi yang sehat.

5. Mengatasi penyakit kuning

Penyakit kuning disebabkan oleh virus yang menyebabkan adanya pembengkakan hati. Gejalanya sangat mudah dilihat, seperti menguningnya bagian-bagian tubuh tertentu dari mulai kulit, mata, kuku dan lain-lain.

Anda dapat menyembuhkan penyakit ini dengan mengonsumsi tanaman kelor. Caranya yaitu hanya perlu menghaluskan tanaman kelor lalu campurkan dengan air kelapa. Konsumsilah secara rutin agar penyakit kuning segera teratasi.

6. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang cukup ditakuti. Apalagi kita ada dalam kondisi di mana makanan sehat sulit ditemui. Tanaman kelor dianggap sebagai tanaman yang mampu mendukung proses pembuatan insulin di dalam tubuh. Oleh karenanya rutinlah mengonsumsi tanaman kelor apalagi jika makanan yang Anda konsumsi sehari-hari tidak menyehatkan.

7. Mencegah penuaan

Tanaman kelor khususnya bagian daunnya memiliki kemampuan dalam menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Jika Anda sering bersentuhan dengan polusi, maka dapat menggunakan masker kelor secara rutin. Itu dilakukan agar radikal bebas yang menyentuh kulit Anda tidak menyebabkan keriput dan penuaan dini.

8. Mencerahkan kulit

Selain mencegah penuaan, kelor juga bermanfaat dalam mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

9. Mengecilkan pori

Saat kulit Anda terpapar panasnya sinar matahari atau bekas tumbuhnya jerawat, pori-pori kulit akan membesar. Kemudian hal itu akan memperbesar masuknya segala kotoran dan penyakit pada kulit. Untuk mengatasinya, gunakanlah masker kelor secara rutin.

10. Mengatasi jerawat

Karena daun kelor berfungsi sebagai antiseptik, maka daun kelor dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang sedang tumbuh. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk daun kelor lalu tempelkan ke area yang terkena jerawat.

Itulah manfaat dari tanaman kelor untuk kesehatan dan kecantikan. Sebenarnya manfaatnya masih sangat banyak dan di atas hanyalah sebagainya saja. Semoga berbagai informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat.

Leave a Reply