​​​​​​​Mengenal Lebih Jauh Seputar Spanduk dan Banner

Perbedaan spanduk dan banner

Berbicara soal spanduk dan banner tentunya tak jauh dari hal yang berhubungan dengan himbauan atau mungkin iklan. 2 buah benda yang akrab dengan media promosi ini serupa namun tak sama.

Ada beberapa hal yang mendasari  kesamaan sekaligus perbedaannya, mulai dari bentuk, bahan, hingga fungsi utamanya. Penasaran apa saja? Mari simak ulasan pusatsignage.com secara tuntas ulasan berikut ini.

Apa itu Banner dan Spanduk?

Banner maupun spanduk seringkali dijumpai pada beberapa tempat, seperti pinggir jalan, depan pertokoan, lobbi kantor, lobbi hotel, lobbi sekolahan, atau Instansi umum lainnya. Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Spanduk

Spanduk

Spanduk merupakan sebuah kain yang dibentangkan pada setiap sisinya, spanduk berisi tentang Informasi yang ditujukan untuk khalayak umum berupa teks maupun gambar.

Saat ini penggunaan spanduk sebagai media promosi menjadi favorit banyak orang, sebab low budget, dari pada harus pasang iklan melalui media massa.

​​​​​​Nah untuk perbedaan spanduk dan banner yang paling mencolok adalah tempat pemasangannya, jika spanduk biasanya dipasang dipinggir jalan, atau ditengah jalan dengan dibentangkan di atas pohon.

Sedangkan banner biasanya digunakan dalam ruangan lengkap dengan besi penyangga. Paling sering diletakkan pada lobbi, atau ruang kerja.

Fungsi spanduk lainnya yang menjadi ciri yang membedakan spanduk dan banner adalah, spanduk lebih multifungsi.

Tidak hanya sebagai media iklan dan hanya dipajang pada satu tempat, spanduk juga bisa menjadi atribut pesta politik, demo, aksi, karnaval, atribut yang dibawa pengunjung konser dan masih banyak lagi.

Baca juga: 3 Keunggulan Huruf Timbul Dibandingkan Dengan Papan Reklame

Banner

Banner

Banner merupakan bentuk minimize spanduk, namun tetap memiliki fungsi yang sama ataupun sebagai media penyampai informasi. Banner biasanya memuat informasi yang fokus pada satu titik. Misal banner tentang profil perusahaan, visi misi, menu restoran, atau slogan penyemangat.

Berbeda dengan spanduk, banner biasanya diletakkan di salah satu sudut ruangan dengan posisi tegak, kain yang berisi informasi biasanya berbentuk potrait atau landscape.

Agar banner dapat berdiri tegak biasanya di belakangnya akan dipasangi besi penyangga. Di sinilah letak perbedaan spanduk dan banner. 

Ada beberapa cara membuat spanduk dan banner, salah satunya adalah dengan media printing. Pertama anda harus membuat desain terlebih dahulu, bisa menggunakan aplikasi Photoshop atau Corel draw.

Jika desain sudah jadi masukkan kain ke dalam mesin printer dan tekan ok, secara otomatis desain dari komputer berpindah ke atas kain.

Bahan yang paling sering digunakan adalah Flexi, albatros, luxter, dan banner cloth. Perbedaan spanduk dan banner selanjutnya adalah dalam hal pemilihan bahan, jika spanduk harus diperhatikan betul-betul bahan yang digunakan untuk keperluan outdoor dan indoor.

Sedangkan banner harus menggunakan bahan yang sedikit kaku agar ketika dipasang pada tiang penyangga terlihat tegas dan kokoh.

author
Author: