Macam – Macam Aliran (Genre) Dalam Dunia Fotografi

Genre-Photografi

Tahukah kamu bahwa ternyata bukan lukisan atau keyakinan saja yang memiliki aliran, fotografi juga punya lho! Kalau kamu seorang pencinta dunia potret-memotret, wajib mengetahui apa saja aliran atau Genre Fotografi yang sebenarnya ada. Ini dia penjelasan lengkapnya!

Aliran Fotografi Dengan Manusia Sebagai Objeknya

Aliran-Fotografi-Dengan-Manusia

Semua aliran fotografi memiliki karakternya masing-masing. Jadi buat kamu yang ingin menggeluti dunia fotografi maka wajib untuk mengetahuinya. Lima aliran berikut ini menjadikan manusia sebagai objeknya.

Human Interest Photograpy

Aliran ini menempatkan manusia menjadi objeknya. Biasanya foto akan menggambarkan kegiatan seorang atau sekumpulan manusia. Dalam sebuah foto aliran ini, juga sarat akan unsur empati sehingga memberi kesan mendalam bagi siapa saja yang melihat foto tersebut. Salah satu contohnya adalah foto seorang anak sedang membawa dagangannya.

Portrait Photograpy

Masih menitik beratkan objek pada sosok manusia, namun aliran ini lebih memprioritaskan ekspresi yang diperlihatkan seseorang. Foto aliran ini diambil dari jarak dekat atau dikenal dengan istilah close up, sehingga detil mimik wajah terlihat jelas. Contohnya orang sedang tertawa karena ada hal lucu yang dilihatnya.

Wedding Photograpy

Wedding photograpy adalah aliran yang khusus memilih objek pernikahan, namun tetap dengan sebuah cerita penting di dalamnya. Biasanya yang menganut aliran ini adalah para fotografer pernikahan, dan mereka dibayar untuk menghasilkan mahakarya foto jelang dan saat pernikahan. Semakin bagus kualitas foto maka bayarannya tentu akan makin tinggi pula.

Fashion Photograpy

Aliran ini menitik beratkan pada detail sebuah produk fashion dan biasanya dilengkapi dengan adanya para model. Aliran ini paling banyak diminati karena sangat dekat dengan dunia selebritas, atau para desainer fashion.

Aliran Fotografi Dengan Objek Selain Manusia

Aliran-Fotografi-Dengan-Objek-Selain-Manusia

Bukan manusia saja yang bisa dijadikan objek fotografi, banyak objek lain yang juga mampu menghasilkan hasil foto yang menakjubkan. Beberapa aliran berikut adalah bagian dari dunia fotografi dengan objek selain manusia.

Street Photograpy

Tak jauh beda dengan human interest, aliran ini juga melibatkan manusia sebagai objeknya. Tetapi yang membedakannya adalah disini lebih menekan pada aktivitas sehari-hari, dan tidak selalu melihat dari sisi empati saja. Salah satu contohnya adalah aktivitas jual beli di sebuah pasar tradisional.

Landscape Photograpy

Lebih kepada foto tentang alam dan objek-objek menarik yang ada di mana saja. Jenis aliran ini banyak dipilih oleh para traveller yang suka melakukan perjalanan ke berbagai tempat wisata. Contohnya pemandangan air terjun, pegunungan, atau lautan.

Food Photograpy

Aliran ini menjadikan makanan sebagai objek foto, tapi jangan kira ini merupakan aliran yang mudah. Sebab banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk menghasilkan foto makanan yang sempurna. Tujuan aliran food photograpy adalah menarik minat orang untuk mencoba makanan yang dijadikan objek foto tersebut.

Wild Life Photograpy

Hanya yang punya jiwa bertualanglah yang bisa menghasilkan foto aliran ini. Karena dibutuhkan ketepatan waktu, sudut pengambilan gambar, dan cerita dalam sebuah foto tersebut. Kamera yang digunakan juga bukan sembarangan, yaitu yang memiliki resolusi tinggi, zoom yang maksimal dan bisa dipakai dalam kondisi cahaya apapun.

Sport Photograpy

Aliran ini sangat lekat dengan berbagai jenis olahraga. Fotografer akan berada di sebuah pertandingan olahraga untuk mengabadikan berbagai momen penting. Ada kalanya manusia jadi objek utama, namun kadang kondisi lapangan dan hal-hal unik di sana juga bisa dijadikan objek foto.

Journalism Photograpy

Journalism Photograpy adalah aliran fotografi di bidang jurnalistik, di mana dibalik foto punya cerita tentang sebuah kejadian. Para penganut aliran ini biasanya adalah jurnalis, sebab dalam menghasilkan sebuah karya foto aliran ini, juga harus paham soal kode etik di dunia jurnalistik. Contoh dari aliran ini adalah foto ketika dilakukannya olah TKP dari sebuah kasus pidana.

Aliran Fotografi Dengan Nilai Artistik dan Tingkat Kesulitan Tinggi

Aliran-Fotografi-Dengan-Nilai-Artistik

Tiga aliran berikut ini memiliki nilai artistik tinggi, dan tidak sembarang orang yang bisa melakukannya. Butuh ketelitian, kesabaran dan imajinasi tinggi untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Macro Photograpy

Merupakan aliran yang penganutnya memilih objek dengan ukuran kecil. Maka karena hal tersebut dibutuh kamera dengan lensa tertentu untuk mengabadikannya. Contoh foto macro adalah foto kegiatan semut di dalam sarangnya.

Still Life Photograpy

Mengabadikan benda mati dengan nilai artistik tinggi tidaklah gampang. Perlu improvisasi dan daya imajinasi tinggi. Itulah inti dari aliran ini. Fotografer biasanya mampu menggambarkan sesuatu dari benda di sekitarnya menjadi sebuah cerita menarik.

Fine Art Photograpy

Fine art photograpy merupakan aliran bagi fotografer yang mencintai karya artistik tingkat tinggi. Biasanya foto yang dihasilkan abstrak tapi memiliki makna tak terbatas. Bahkan tak semua orang bisa mengerti arti dari foto tersebut.

Jadi kamu masuk aliran mana? Coba lihat hasil fotomu apakah sudah memenuhi kriteria salah satu genre fotografi tersebut? Sebenarnya tak masalah aliran apa, yang penting fotomu memiliki nilainya sendiri.

Leave a Reply