Tipe dan Desain Pagar Lipat Minimalis Terbaik

Halo sobat pusatsignagers! Pagar lipat minimalis merupakan salah satu jenis pagar yang diminati oleh banyak orang. Pasalnya, pagar ini mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis pagar lain, baik dari segi desain maupun efektivitas pemanfaatan ruang.

Seperti yang kita ketahui, di era modern ini pagar merupakan satu bagian yang sangat penting dari sebuah rumah. Mengapa demikian? Jika kita menelusuri sejarah penggunaan kata pagar yang notabene berasal dari abad ke-14, fens, maka kita akan mendapati bahwa pagar sejak dahulu sudah digunakan sebagai sarana keamanan atau lebih tepatnya pertahanan.

Pagar Lipat Minimalis

Lalu, bagaimana sebaiknya pemasangan pagar dilakukan saat ini, khususnya bagi kamu yang tertarik untuk memasang pagar lipat minimalis? Silakan simak ulasan berikut ini!

Fungsi Pagar dalam Sebuah Konstruksi Rumah

  • Sebagai Penegasan Batas Wilayah

Terkhusus pada masyarakat Jawa, mungkin pernah mendengar bahwa penentuan batas wilayah suatu rumah di zaman dahulu ditentukan oleh letak jatuhnya air hujan dari atap rumah.

Tepat dimana air hujan tersebut jatuh dan membekas di tanah, maka disitu pula lah batas wilayah rumah tersebut.

Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut, satu hal yang kini dapat kita pastikan dengan eksisnya pagar yaitu batas wilayah rumah menjadi semakin jelas dan pasti. Luas rumah beserta halaman menjadi measurable atau bisa terukur dengan baik.

  • Menunjukkan Personalitas Pemilik Rumah

Memang sudah sangat jarang menemukan rumah yang tidak memiliki pagar, dan sekalipun ada, pasti letaknya berada di pinggiran kota.

Rumah dengan pagar tinggi yang dikelilingi kawat berduri akan memberikan kesan kepada kita bahwa pemilik rumah tersebut sangatlah siaga terhadap setiap ancaman yang bisa saja menimpa rumahnya.

Sedangkan rumah dengan pagar pendek biasanya akan menunjukkan kepada kita bahwa pemilik rumah tersebut adalah orang yang terbuka dan menginginkan banyak orang bertamu ke rumahnya.

  • Nilai Estetika yang Ditawarkan

Salah satu faktor terbesar yang mungkin menjadi alasan banyak orang lebih memilih untuk menggunakan pagar lipat minimalis daripada jenis pagar lain adalah segi keindahannya.

Pagar yang hakikatnya adalah bagian dari lini depan pertahanan rumah tersebut bisa saja memberikan nilai tambah kepada rumah, terutama nilai estetika.

Hal ini disebabkan karena setiap pagar memiliki model yang berbeda-beda. Semakin bagus model suatu pagar, maka akan semakin tinggi pula nilai estetika yang ditawarkan.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Pagar

  • Efektivitas Pemanfaatan Ruang

Jika pagar geser biasanya memerlukan ruang kosong yang banyak ketika sedang dalam keadaan terbuka, maka kamu tidak akan mendapatkan hal tersebut pada pagar lipat minimalis.

Seperti julukannya, pagar ini memang sengaja dibuat untuk memberikan pemanfaatan ruang yang sangat efektif. Kamu tidak perlu untuk menyediakan ruang yang kosong untuk jenis pagar ini, cukup dengan melipatnya maka pagar akan berada dalam posisi terbuka sempurna.

  • Model dan Jenis Pagar Mempengaruhi Budget yang Dikeluarkan

Hal lain yang mesti kamu perhatikan adalah berapa banyak budget yang harus dikeluarkan untuk memasang pagar. Pagar yang dibuat dengan menggunakan material besi biasanya akan jauh lebih mahal daripada pagar kayu, sedangkan pagar yang terbuat dari kayu pun biasanya diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori.

Ada kayu yang memiliki daya tahan yang kuat dan ada pula kayu yang mempunyai daya tahan yang lemah. Semua itu menjadi faktor yang mempengaruhi nilai jualnya.

Pilihan Tipe dan Desain Pagar Lipat Minimalis Terbaik

  • Tipe Suite yang Wah!

Pagar-Lipat-Minimalis-Terbaik

Tipe pagar lipat minimalis pertama yaitu tipe suite. Yang mana kita ketahui, tipe suite sering dibarengi dengan tipe standard.

Bisa dibilang nama tipe pagar ini merupakan sinonim dari ‘kemewahan’. More often than not, pagar ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap segala hal berbau ‘Wah’, jadi bukanlah suatu hal yang janggal jika kemudian kamu menemukan tipe pagar ini di kompleks atau perumahan elit.

  • Tipe Klasik dan Rustic yang Asri

Pagar-Lipat-Minimalis-Rustic

Ingin memberi suasana tradisional, sederhana, sekaligus elegan pada rumahmu? Maka desain pagar lipat minimalis ini bisa menjadi pilihan utama.

Biasanya, tipe ini akan dikombinasikan bersama dengan elemen kayu sehingga memberinya kesan natural atau biasa juga disebut dengan rustic. Akan lebih cocok bila kamu menyertakan banyak tanaman hijau pada daerah sekitar pagar.

  • Tipe Pagar dengan Aura Taoisme

Pagar-lipat-type-zen

Opsi desain pagar lipat minimalis ketiga yang dapat kamu pilih adalah tipe zen yang mengandung elemen taoisme. Salah satu alasan yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan untuk memilih tipe ini adalah kesan kedamaian yang ditawarkannya.

Pagar ini dapat menimbulkan perasaan tenang kepada orang-orang yang melintas dan melihat pagar rumahmu.

Sebagaimana yang diketahui, taoisme merupakan sebuah aliran filsafat yang menawarkan kebijaksanaan dan kehidupan yang jauh dari keserakahan, maka desain pagar ini cocok bagi kamu yang ingin menghadirkan ketenangan kepada orang-orang di dalam dan sekeliling rumahmu.

  • Tipe Otomatis ‘Mager‘ Club

pagar-lipat-otomatis

Bosan dengan pagar lipat yang begitu-begitu saja? Sudah saatnya kamu mencoba menggunakan pagar yang dapat membuka dan menutup secara otomatis.

Dalam kasus sedang mengendarai mobil dan ingin masuk ke dalam rumah, maka kamu tidak perlu repot lagi untuk turun dari mobil dan membuka pagar, semuanya bisa dilakukan dengan remote control atau sensor.

  • Tipe Pagar Lipat untuk Tanah Miring

tipe-pagar-lipat-minimalis

Jika pada bagian depan rumah kamu tidak rata atau berada dalam posisi tanjakan, maka tipe pagar lipat minimalis ini bisa menjadi pilihan.

Pagar ini memang sengaja didesain untuk kondisi tanah yang miring. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa tiap bagian lipatan pada pagar ini memiliki tinggi yang berbeda, namun hal tersebut tidaklah benar. Jika diperhatikan, engsel pada pagar ini dinaikkan sekitar 5 cm pada setiap bagiannya.

Itulah tadi beberapa tipe dan desain pagar lipat minimalis terbaik. Nah dari semua desain tersebut, kira-kira ada yang nyantol gak nih? Hehehe.

Buat kamu yang sudah menentukan desain pagar lipat minimalis yang dianggap paling menarik, jangan melupakan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang pagar sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, yah!

Leave a Reply