5 Cara Pemasaran Online Melalui Facebook Jitu dan Efektif

Cara Pemasaran Online Melalui Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dan bahkan di dunia. Hal ini telah dikemukakan oleh beberapa lembaga riset valid. Tak heran, banyaknya pengguna Facebook merupakan alasan utama sebagian orang menjadikan platform raksasa ini sebagai sarana pemasaran bisnis online.

Selain karena konsumen yang didapatkan lebih terjamin, pemasaran melalui Facebook bisa dibilang cukup simple, Anda tidak akan menjumpai proses yang berbelit-belit.

Sebelum lanjut ke panduan pemasaran online melalui Facebook, ada satu hal yang menarik untuk dibahas terlebih dahulu. ” Mengapa pemasaran itu begitu penting?” Pertanyaan ini jarang ditanyakan dan bahkan tidak bisa dijawab oleh sebagian orang yang ingin melakukan penjualan produk.

Alasan Proses Pemasaran Begitu Penting

Proses Pemasaran

  • Hal Urgen yang Jarang Diketahui

Masih termasuk di dalam unsur kata dasarnya, pemasaran berkaitan dengan pasar. Dari sini saja kita sudah bisa menebak tujuan dan fungsi dari pemasaran. Tidak lain adalah untuk mencari konsumen yang nantinya akan membeli produk kita. Secara spesifik konsumen dapat dibagi dua berdasarkan range kebutuhannya akan sebuah produk, yaitu sekali beli dan berkelanjutan.

Konsumen sangat penting dalam kegiatan bisnis. Walaupun begitu sebagian besar orang terkadang lupa atau bahkan tidak tahu. Sehingga tidak menempatkannya di urutan awal sebagai hal yang harus dipikirkan atau dipersiapkan terlebih dahulu.

Bukanlah membangun kantor megah yang pertama kali harus dilakukan. Banyak orang yang baru memulai usahanya, namun sudah menginvestasikan modalnya secara besar-besaran untuk mendirikan bangunan mentereng. Sehingga  berakhir dengan gulung tikar karena dagangannya tidak laku. Hal ini semakin membuktikan bahwa ‘menyediakan’ konsumen merupakan langkah yang harus dilakukan di awal mulainya usaha.

  • Menjaga Produk Agar Tetap Berada di Hati Konsumen

Pemasaran tidak saja mengambil peran penting ketika dimulainya sebuah usaha. Sangat banyak produsen yang awalnya berhasil meraup banyak konsumen, akan tetapi setelah berselang beberapa tahun produk mereka tidak lagi diminati oleh masyarakat. Selain karena produknya tidak memiliki ciri khas yang mudah diingat, banyaknya pesaing baru yang muncul dengan berbagai inovasi. Hal tersebut juga menjadi faktor utama hilangnya minat masyarakat terhadap produk Anda.

Inovasi dan pemasaran menjadi kunci larisnya sebuah produk. Inovasi menjaga kelangsungan gagasan baru mengikuti perkembangan zaman. Sedangkan pemasaran memperkenalkan setiap gagasan baru tersebut kepada masyarakat.

5 Cara Pemasaran Online di Facebook

Cara Pemasaran Online di Facebook

  • Cara 1: Tentukan Target dan Strategi

Tentu hal pertama yang harus dilakukan ketika memanfaatkan Facebook sebagai sarana pemasaran adalah penentuan target pencapaian. Karena tanpa adanya target, suatu bisnis sama saja berjalan tanpa arah dan hanya akan mengakibatkan kerugian. Dengan target pula Anda bisa menyusun strategi yang tepat untuk mencapai target tersebut.

Target yang dimaksud di sini adalah yang measurable atau dapat diukur. Misalnya saja, Anda menentukan bahwa penjualan produk dengan kode X  harus mengalami peningkatan sebanyak 60% selama melakukan pemasaran di Facebook.

  • Cara 2: Pasarkan Produk Anda dengan Asyik

Sebagaimana yang diketahui, Facebook merupakan media sosial sekaligus sarana hiburan di mana sebagian besar orang menggunakannya untuk menghilangkan kepenatan, saling berbagi, dan bersosialisasi secara santai. Oleh karenanya, sangatlah tidak efektif apabila iklan yang Anda sampaikan bersifat spam dan terkesan memaksa.

Yakinlah bahwa netizen akan lebih tertarik untuk melihat deskripsi produk Anda ketika pemasarannya dilakukan secara santai dan tidak mengganggu aktivitas mereka di Facebook. Misalnya saja dengan bergabung ke dalam sebuah komunitas atau ruang diskusi, Anda bisa langsung berinteraksi dengan calon konsumen, dan sekaligus mempererat relasi.

  • Cara 3: Merespon Customer Secara Teratur

Customer

Pertama, teratur yang dimaksud di sini adalah tidak mengabaikan pertanyaan customer terlalu lama. Kedua, usahakan agar membalas langsung customer dan tidak menggunakan bot/pesan format, terutama apabila pelanggan mengirimi Anda pesan secara langsung

Cara Anda merespon sangatlah memengaruhi proses dan feedback yang didapatkan. Yang harus digarisbawahi disini adalah di antara dua produk, konsumen akan lebih memilih untuk menggunakan produk dari pedagang yang melayani customernya baik. Hal tersebut seperti ramah, cepat tanggap, dan menyertakan informasi lengkap mengenai produk.

  • Cara 4: Gunakan Video Sinematik

Seiring dengan perkembangan teknologi yang merambah di segala bidang, tentunya juga membawa dampak yang signifikan pada bidang pemasaran. Salah satu yang bisa Anda coba adalah membuat video sinematik dengan konsep dan efek ala film layar lebar.

Disarankan untuk menggunakan software yang memiliki fasilitas pengeditan lengkap di dalamnya. Dan yang terpenting adalah tidak adanya watermark yang tertera pada video setelah berhasil di-export.

  • Cara 5: Lakukan Evaluasi dengan Bantuan Facebook Insight

Facebook Insight

Dalam jangka waktu tertentu, lakukanlah evaluasi dan ketahui seberapa besar peningkatan jumlah customer. Selain itu, evaluasi juga bermanfaat bagi Anda agar senantiasa membenahi sistem pemasaran, pelayanan, maupun meningkatkan kualitas produk.

Ada sebuah fitur yang telah disediakan Facebook, yakni Facebook Insight. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai orang yang menyukai akun, ruang diskusi, atau grup yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa dalam menawarkan sebuah barang/jasa kepada orang lain.

Itulah tadi beberapa cara pemasaran online dengan menggunakan Facebook. Dan sebagai penutup, diharapkan agar berbagai cara tersebut dapat membantu Anda dalam melakukan proses marketing melalui Facebook, sehingga kedepannya bisa menambah keuntungan yang didapatkan.

Leave a Reply