Bedanya Mesin serta Bahan Spanduk untuk Outdoor dan Indoor

Merupakan sebuah kebiasaan dalam setiap kegiatan untuk memasang spanduk, apalagi dalam pelaksanaan event besar yang dihadiri oleh banyak orang.

Spanduk berfungsi untuk memberikan informasi mengenai tema yang akan disampaikan serta info narasumber pembawa materi. Entah itu acara outdoor maupun indoor, spanduk akan terus dipajang selama berlangsungnya kegiatan.

Hal ini membuktikan bahwa selain info tema dan narasumber, spanduk juga memberikan informasi kepada orang-orang non-participant bahwa sedang berlangsung acara atau kegiatan di tempat tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa ada perbedaan antara mesin printing serta bahan untuk spanduk? Bahkan terdapat risiko apabila menggunakan spanduk dengan jenis bahan yang tidak sesuai untuk tempat kegiatan. Artinya, spanduk yang digunakan haruslah cocok dengan tempat ia dipasang.

Misalnya saja seperti yang akan diulas kali ini, yaitu perbedaan antara bahan spanduk untuk outdoor dan indoor.

Perbedaan Mesin Printing Outdoor dan Indoor

Perbedaan Mesin Printing Outdoor dan Indoor

Sejalan dengan bahan berbeda yang digunakan untuk spanduk outdoor dan indoor, ternyata mesin printnya juga berbeda pula. Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Tinta Mesin Print Spanduk

Mesin printing untuk outdoor dan indoor memiliki perbedaan kualitas hasil printing, hal ini dipengaruhi karena penempatan spanduk ini nantinya akan berbeda.

Yang penempatannya di outdoor akan dipersiapkan agar tintanya tidak luntur walaupun terkena hujan. Gambar yang dihasilkan oleh mesin printing indoor biasanya akan lebih bagus daripada yang indoor

2. Perbedaan Harga Cetak

Kualitas bahan, tinta, serta ketajaman gambar mengakibatkan adanya perbedaan harga antara hasil print mesin outdoor dan indoor.

Akan lebih banyak biaya yang dikeluarkan untuk mencetak spanduk dari mesin printing indoor. Semuanya kembali kepada kualitas dan fungsi yang ingin kita dapatkan, baik dari tahan lamanya, fungsi maupun kualitas gambarnya.

Perbedaan Bahan Spanduk untuk Outdoor dan Indoor

Spanduk untuk Outdoor dan Indoor

Sekarang kita masuk ke pembahasan perbedaan bahan yang digunakan untuk spanduk outdoor dan indoor. Langsung saja disimak pembahasannya.

1. Ketahanan Terhadap Air dan Sinar Matahari

Spanduk untuk outdoor tentunya lebih kuat dengan menggunakan bahan yang tahan terhadap air serta sinar matahari; misalnya seperti flexi, terbagi lagi menjadi flexi jerman, korea, dan china.

Masing-masing di antaranya memiliki gram per square atau berat yang berbeda-beda. Sedangkan indoor, karena memang ditujukan untuk pemakaian dalam ruangan maka bahan yang digunakan pun tidak sekuat spanduk outdoor.

Baca juga: ​​​​​​​Mengenal Lebih Jauh Seputar Spanduk dan Banner

2. Ketajaman Gambar

Spanduk indoor memiliki kualitas gambar dan ketajaman yang lebih baik daripada outdoor. Hal ini disebabkan karena spanduk indoor menggunakan bahan yang menawarkan ketajaman gambar; seperti albatros dan juga kanvas.

Walaupun daya tahannya memang tidak lebih baik daripada spanduk outdoor. Oleh karenanya, penggunaan spanduk indoor sangat tepat untuk kegiatan jangka pendek.

Itulah tadi perbedaan mesin serta bahan spanduk untuk outdoor dan indoor. Keduanya tergantung dari kebutuhan masing-masing individual, baik spanduk outdoor maupun indoor, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan adanya ulasan singkat ini, diharapkan kepada para pembaca agar semakin bijak dalam memilih spanduk.

author
Author: